73_Aliran Akhir Zaman

73_Aliran Akhir Zaman

Rabu, 20 Januari 2016

ALIRAN-ALIRAN SESAT DAN FIRQAH-FIRQAH DALAM ISLAM

ALIRAN-ALIRAN SESAT DAN FIRQAH-FIRQAH DALAM ISLAM

Dalam sejarah islam telah tercatat adanya aliran-aliran yang menyimpang dan firqoh-firqoh (golongan) di lingkungan umat islam,yang di antara satu sama lain bertentangan pahamnya secara tajam yang sulit untuk diperdamaikan apalagi untuk dipersatukan.  
Hal ini sudah menjadi fakta dalam sejarah dang tidak bisa dirubah lagi dan sudah menjadi ilmu pengetahuan yang temaktub (tertulis) dalam kitab-kitab agama terutama dalam kitab-kitab ushuludin (artinya pokok-pokok agama).
Barang siapa yang membaca kitab-kitab ushuludin akan menjumpai di dalamnya perkataan-perkataan :syi"ah,khawarij,mu"tazilah,qadariyah,jabariyah,bahaiyah,,ahmadiyah dan wahabisalafy(akidah mujasimmah-musyabibah) dan lain sebaginya.
umat islam khususnya yang berpengetahuan agama tidak heran melihat dan membaca hal ini,karena nabi muhammad saw sudah juga mengabarkan pada masa hidup beliau.
Banyak terdapat hadist-hadist yang berkaitan dengan akan adanya aliran-aliran sesat firqah-firqah yang berselisihan paham dalam lingkungan umat islam diantara hadist-hadist ini adalah:

  • 1.kesatu nabi saw bersabda: Artinya maka bahwasanya siapa yang hidup (lama) di antaramu niscaya akan melihat perselisihan (paham) yang banyak ketika itu pegang teguhlah sunnahku dan sunnah khalifah rasyidin (sayyidina abu bakar siddik/sayyidina umat bn khatab/sayidina usman bn afan/sayidina ali semoga allah meridhoi mereka) yang diberi hidayah,pegang teguhlah  itu dan gigitlah dengan gerahammu.(hadist riwayat imam abu daud,sunan abu daud juz 4 hal 201).
  • Tujuan hadist ini terang bahwa akan ada perselisihan-perselisihan paham (contoh soal bid"ah itu sesat ada juga bid'ah itu di bagi dua bid"ah hasanah dan bid"ah dholalah,seperti contoh sayidina umar berkata tentang shalat tarawih  berkata: ini sebaik-baik bid"ah artinya ada bid"ah baik menurut khalifah ke 2 yang telah mendapat petunjuk sesuai hadist di atas ) dalam lingkungan umat islam,dan bahwa  nabi muhammad saw   menyuruh umat islam ketika melihat perselisihan-perselisihan itu supaya berpegang teguh dengan sunnah nabi saw dan sunnah khalifah rasyidin (seperti perkataan saydina umar tadi tentang bid"ah itu ada yang baik bahkan sebaik-baik bid"ah ,siapa lagi yang lebih paham  tentang soal bid"ah).
  • 2 kedua nabi muhammad saw bersabda :Akan ada di lingkungan umatku 30 orang pembohong yang mengaku bahwa ia nabi.saya adalah nabi penutup tidak ada lagi nabi sesudahku (riwayat tirmidzi lihat sahih tirmidzi juz 9 hal 63)
  • 3 ketiga nabi muhammad`saw bersabda: Akan keluar suatu kaum akhir zaman orang-orang muda berpaham jelek (sering menjelekkan dan menghina dan menghujat dan mencaci maki orang yang tidak sepaham dengannya), mereka banyak mengucapkan perkataan khairil barriyah(maksudnya firman -firman allah yang dibawa oleh nabi seperti contoh ini selalu membaca alquran dan membaca hadist tapi memahaminya tanpa guru alias belajar dan memahami langsung tanpa rujukan para ulama -ulama terdahulu/merasa pinter sendiri bahwa dialah yang paling benar),iman mereka tidak melampau /sampai kerongkongan mereka (artinya mereka membaca alquran dan hadist tidak sampai ke hati mereka oleh karena hatinya keras dan hanya bisa memerintah dan melarang sedang dia tidak mengamalkan nya contoh nabi melarang menghujat dan mencaci saudaranya hal ini dilarang oleh nabi saw dan mereka tidak mengamalkanya) mereka keluar dari agama sebagai meluncurnya /keluarnya  anak panah dari busurnya ,kalau orang orang ini berjumpa dengan mu lawanlah mereka. (hadist sahih riwayat imam bukhori dan lihat fathul bari juz 15 hal 315.(ingat fathul bari yang bukan di teliti oleh abduz aziz bn baz ulama wahabi).
Terang dalam dalam hadist ini bahwa akan ada menurut nabi saw sekumpulan orang-orang muda  yang sok aksi mengeluarkan fatwa-fatwa  agama berdasarkan alquran dan hadist (contoh ini bid"ah,ini syirik ,ini kafir, ini khurafat dan membuat hukum baru dan mereka rata-rata ulamanya masih muda_muda sy yakin anda bisa lihat saat ini sudah banyak yang seperti itu),akan tetapi keimanan mereka tipis sekali dan bahkan keimanannya keluar dari dirinya secepat keluar anak panah dari busurnya.
Maksudnya ialah bahwa mereka banyak ngomong/berbicara hadist-hadist (ini hadist sohih dan ini hadist palsu) dan alquran tetapi mereka tidak beragama ,tidak menjalankan tuntunan agama seperti berkata baik /santun kepada saudaranya dan tidak menghina dan mencaci maki atau mengkafirkan saudaranya.
  • 4 keempat bersabda nabi muhammad saw:artinya dari huzaifah rda beliau berkata  bersabda nabi muhammad saw: bagi tiap-tiap umat ada majusinya dan majusi umat saya adalah orang yang mengingkari taqdir.kalau mereka mati jangan dihadiri pemakamannnya dan kalau mereka sakit jangan di jenguk mereka adalah kelompok dajjal,memang tuhan berhak untuk memasukkanya mereka ke kelompok dajjal.( riwayat imam abu daud,sunan abu daud juz 4 hal 222).
  • 5 ke lima nabi muhammad saw bersabda: Ada dua firqah dari umatku yang pada hakikatnya mereka tidak ada sangkut paut dengan islam yaitu kaum murji"ah dan qadariyah. (hadist riwayat imam tirmidzi juz 8 hal 316).
Kaum murji"ah dan qadariyah tak ada hubungannya dengan islam kata nabi muhammad saw.nauzubillah.
  • 6 ke enam nabi muhammad saw bersabda : Dari abi hurairah berkata bahwa nabi muhammad saw bersabda:telah berfirqah-firqah orang yahudi atas 71 firqah dan orang nashara seperti itu pula dan akan berfirqah ummatku atas 73 firqah.(hadist riwayat imam tirmidzi ,lihat sahih tirmidzi juz 10 hal 109).
  • 7 ke tujuh nabi muhammad sawa bersabda: Artinya bahwasanya bani israel telah berfirqah-firqah sebanyak 72 millah (firqah) dan akan berfirqah umatku sebanyak 73 firqah semuanya masuk neraka kecuali satu.para sahabat yang mendengar ucapan ini bertanya : siapakah yang satu itu ya rasulullah ? nabi saw bersabda: yang satu itu ialah orang yang berpegang (ber i"tiqad) sebagai peganganku (i"tiqadku) dan pegangan sahabat-sahabat ku (hadist ini diriwayatkan oleh imam tirmidzi lihat sohih tirmidzi juz 10 hal 109).
  • 8 kedelapan tersebut dalam kitab atthabrani bahwa nabi bersabda : Demi tuhan yang memegang jiwa muhammad ditangannya akan berfirqah umatku sebanyak 73 firqah yang satu masuk surga dan yang lain masuk neraka .bertanya para sahabat :siapakah firqah (yang tidak masuk neraka) itu ya rasulullah saw? nabi muhammad saw menjawab : AHLUSUNNAH WAL JAMAAAH (yang akidahnya ALLAH ITU ADA TANPA TEMPAT DAN ARAH dan bila ada yang berkeyakinan sebaliknya dia bukan ahlusunnah wal jamaah).
Hadist yang serupa ini artinya tersebut juga dalam kitab "almilal wan nihal" juz 1 halaman 11,karangan syahrastani (wafat 548 h).
  • 9 ke sembilan nabi muhammad saw bersabda: Artinya akan ada segolongan dari umatku yang tetap atas kebenaran sampai hari kiamat dan mereka tetap atas kebenaran itu ( nabi pernah bersabda bahwa para ulama pewaris para nabi. artinya nabi mewarisi ilmu kepada para sahabat dan dilanjutkan kepada para anak sahabat dan dilanjutkan para tabi"in dan dilanjutkan oleh para ulama -ulama besar terdahulu yang mewarisi ilmu nya kepada ulama -ulama sekarang yang akidahnya ALLAH ADA TANPA TEMPAT DAN ARAH) dan misinya mempersatukan umat islam dan bukan memecah umat islam dari dari dalam .harap pahami itu.).(hadist riwayat imam bukhori lihat fathul bari juz 17 hal 56) bukan fathul bari yang di tulis oleh ulama mufti saudi/ulama wahabi yg berakidah mujassim dan musyabihah) hati-hati.
Melihat hadist -hadist yang sahih ini dapat diambil kesimpulan :
  1. Nabi muhammad saw mengabarkan sesuatu yang akan terjadi dalam lingkungan umat islam secara mu"jizat yaitu: mengabarkan hal-hali yang akan terjadi,kabar ini tentu diterima beliau dari tuhannya.
  2. Sesudah nabi saw wafat akan ada perselisihan paham yang banyak sampai 73 paham/aliran (berkeyakinan).
  3. Ada segolongan orang -orang muda pada akhir zaman yang sok aksi (merasa paling pintar dalam soal hukum islam dan merasa paling benar yang mengikuti alquran dan sunnah katanya.contoh islam masuk indonesia sudah tua dan mengislamkan kerajaan-kerjaaan hindu dan budha ke dalam islam sejak 700 tahun dan sudah melekat pada umat islanm indonesia lalu baru baru ini timbul /kedatangan paham paham baru yang berumur muda yang mereka berani mengatakan bahwa umat islam di indonesia terdahulu/tua adalah paham sesat dan menyimpang bahkan mereka berani mengkafrikan umat islam terdahulu dan anehnya mereka paham dari orang orang muda dan paham baru yang merasa paling benar ),mengeluarkan dalil-dalil dari alquran maupun hadist tetapi keimanannya tidak melewati kerongkongannya (artinya pintar membaca alquran dan hadist tapi tidak mengamalkanya .contoh nabi melarang mengkafirkan sesama muslim dan mencaci,menghujat dan menghina bahkan menghalalkan saudaranya yang muslim tapi mereka sebaliknya melanggar itu.nauzubillah.
  4. Ada dua golongan yang tidak ada sangkut pautnya dengan islam yaitu kaum murji"ah dan qadariyah.
  5. Ada 30 orang pembohong yang akan menda"wakan /mengaku  bahwa ia nabi padahal nabi sesudah nabi muhammad saw tidak ada lagi,dan ada orang orang khawarij yang paling jahat dan paham yang mengikutinya .(contoh musailamah kazzab,ahmadiyah ,mirza gulam ahmad,ahmad mossodik dan masih ada bakal timbul).nauzubillah.
  6. Diantara yang 73 golongan (firqah-firqah) itu ada satu yang benar yaitu golongan ahlusunnah wal jamaah (yang berakidah ALLAH ADA TANPA TEMPAT DAN ARAH) yang selalu berpegang kepada sunnah nabi dan sunnah klhalifah rasyidin.(yang mereka mencontoh ahklak dan santun dalam berda"wah nabi saw dan klalifah rasyidin).
  7. mereka akan selalu mempertahankan kebenaran keyakinannya (i"toqadnya ALLAH ADA TANPA TEMPAT DAN ARAH) sampai hari kiamat.
Dan sekarang barang siapa yang meneliti sejarah perkembangan islam berabad-abad pertama,kedua,ketiga dan sampai kepada zaman kita sekarang apa yang disabdakan oleh nabi muhammad saw sudah nyata kebenaranya ,jelas allah sebut dalam alquran surat annajm ayat 3 dan 4 yang artinya:
Dan tiadalah yang diucapkannya itu menurut  kemauan hawa napsunya dan ucapannya itu tiada lain hanya lah wahyu yang diwahyukan(kepadanya).
Tersebut dalam kitab bugyatul mustarsyidin karangan mufti syeikh sayid abdurahman bn muhammad bn husien bn umar yang dimashurkan dengan gelar ba"alwi pada halaman 398 cetakan mathba"ah amin abdul majid cairo (138 h) bahwa firqah yang sesat dan menyesatkan itu berpokok pada 7 firqah yaitu:
  • 1.Kaum syi"ah kaum yang berlebih-lebihan memuja sayidina ali karamaullah wajhah,mereka tidak mengakui khalifa-khalifa abu bakar,umar dan usman semoga allah meridhoi mereka amin.kaum syiah kemudian terpecah menjadi 22 aliran.
  • 2.Kaum khawarij yaitu kaum yang berlebih-lebihan  membenci sayidina ali kw,bahkan ada diantaranya yang mengkafirkan sayidina ali kw da firqah ini berfatwa bahwa orang-orang yang membuat dosa -dosa besar menjadi kafir.(hati-hati  saat ini sudah banyak paham-paham yang mengikuti paham khawarij seperti mengkafirkan orang semaunya dan mengkafirkan ulama -ulama terdahulu yang mereka sangat soleh dan berakhlak dan merasa paling benar hanya dia lah yang islam yang lain dan yang bukan paham nya kafir)kaum khawarij kemudian terpecah menjadi 22 aliran.
  • 3.Kaum mu"tazilah yaitu kaum yang berpaham tuhan tidak mempunyai sipat bahwa manusia membuat pekerjaannya sendiri, bahwa tuhan tidak bisa dilihat dengan mata dalam surga,bahwa orang yang mengerjakan dosa besar diletakkan diantara dua tempat dan mi"raj nabi muhammad hanya dengan ruh saja dan lain-lain.kaum mu"tazilah berpecah menjadi 20 aliran.
  • Kaum murji"ah yaitu kaum yang memfatwakan bahwa membuat ma"siyat (kedurhakaan) tidak memberi mudharat kalau sudah beriman sebagai keadaanya membuat kebajikan tidak memberi manfaat kalau kafir.kaum murji"ah terbagi menjadi 5 aliran.
  • Kaum najariyah yaitu kaum yang memfatwakan bahwa perbuatan manusia adalah mahkluk yakni dijadikan tuhan tetapimereka berpendapat bahwa sipat tuhan tidak ada.kaum najariyah pecah menjadi 3 aliran.
  • Kaum jabariyah yaitu kaum yang menfatwakan bahwa manusia majbur artinya berdaya apa-apa.kasab atau usaba tidak ada sama sekali.kaum ini hanya 1 aliran.
  •  Kaum musyabbibah (wahabisalafy )yaitu kaum yang memfatwakan bahwa ada keserupaan tuhan dengan manusia,umpamanya bertangan,berkaki,duduk dikursi,naik tangga,turun tangga dan lain-lain.(contoh kongkrit yaitu ulama-ulama wahabisalafy yang telah menyimpang akidah nya seperti ulama -ulama najd/riyadh contoh rujukan /keyakinannya tercatat dalam kitab-kitab mereka:
  • 1.Ibnu taimiyah Di dalam kitab andalan wahabi-salafi yaitu Majmu’ al-Fatawa Ibnu Taimiyyah al-Harrani imam wahabi juz 4 halaman 374 : Sesungguhnya Muhammad Rasulullah didudukkan Allah di atas Arsy bersama Allah “.Di dalam kitab “ Syarh Hadits an-Nuzul “ halaman 400 cetakan Dar al-‘Ashimah disebutkan bahwasanya Ibnu Taimiyyah berkata :“ Semua hadits yang datang dari Nabi dengan lafadz qu’ud dan julus (duduk) bagi Allah seperti hadits Ja’far bin Abi Thalib dan hadits Umar, lebih utama untuk tidak disamakan dengan anggota tubuh manusia “.Dalam halaman yang sama Ibnu Taimiyyah berkata : Jika Allah duduk di atas kursi, maka terdengarlah suara suara saat duduk sebagaimana suara penunggang bintang tunggangan karena beratnya ”
    Kitab tersebut dicetak di Riyadh tahun 1993, penerbit Dar al-‘Ashimah yang dita’liq oleh Muhammad al-Khamis.
    Di dalam kitab ad-Darimi (bukan ulama sunni al-Hafdiz ad-Darimi pengarang hadits sunan) halaman 73 disebutkan : Allah turun dari Arsy ke kursinya “.Kitab itu terbitan Dar al-Kutub al-Ilmiyyah yang dita’liq oleh Muhamamd Hamid al—Faqiy.
    Kitab ad-Darimi (al-wahhabu) ini dipuji-puji oleh Ibnu Taimiyyah dan menganjurkannya untuk dipelajari, sebab inilah wahabi menjadi taqlid buta..Tapi akidah mereka ini disembunyikan dan tidak pernah dipublikasikan ke khalayak umum.
    Sekedar info : Lafadz duduk bagi Allah tidak pernah ada dalam al-Quran dan hadits.
  • 2 syeikh Hamud bn abdullah altuwaijiri syaikh wahabisalafy yaitu :Di dalam kitab “ Aqidah ahlu Iman fii Khalqi Adam ‘ala shurati ar-Rahman “ karya Hamud bin Abdullah at-Tuajari syaikh wahabi, yang dicetak di Riyadh oleh penerbit Dar al-Liwa cetakan kedua, disebutkan dalam halama 16 :“ Berkata Ibnu Qathibah “ Lalu aku melihat di dalam Taurat : “ Sesungguhnya Allah ketika menciptakan langit dan bumi, Dia berkata : “ Kami ciptakan manusia dengan bentukku “.
    Pada halaman berikutnya di halaman 17 disebutkan :“ Di dalam hadits Ibnu Abbas : “ Sesungguhnya Musa ketika memukul batu untuk Bani Israil lalu keluar air dan berkata : “ Minumlah wahai keledai, maka Allah mewahyukan pada Musa “ Engkau telah mencela satu makhluk dari makhlukku yang Aku telah ciptakan mereka dengan rupaku, lalu engkau samakan mereka dengan keledai “ Musa terus ditegor oleh Allah “.
    Naudzu billah dari pendustaan pada Allah dan pada para nabi-Nya.
  • 3 ulama wahabi salafy yang mensyarah riyadul sholihin versi Muhammad bn salih al-utsaimin yaitu:Di dalam kitab “ Fatawa al-Aqidah “ karya Muhammad bin Shalih al-Utsaimin yang dicetak Maktabah as-Sunnah cetakan pertama tahun 1992 di Mesir, pada halaman 72 Ibnu Utsaimin berkata :“ Dalam hal ini dijelaskan adanya penetapan akan ucapan Allah Swt. Dan sesungguhnya ucapan Allah itu berupa huruf dan suara. Karena asli ucapan itu harus adanya suara. Maka jika dikatakan ucapan, maka sudah pasti ada suara “.
  • dalam kitab Fatawa al-Aqidah karya Muhammad bin Shalih al-Utsaimin yang diterbitkan oleh Maktabah as-Sunnah cetakan pertama halaman 90, al-Utsaimin berkata :“ kesimpulannya, sesungguhnya kedua tangan Allah itu ada dua tanpa ragu lagi. Satu tangannya berlainan dari tangan satunya. Jika kita sifatkan tangan Allah dengan sebelah kiri, maka yang dimaksud bukanlah suatu hal yang kurang dari tangan kanannya “.
  • Di dalam kitab “ Syarh Hadits an-Nuzul “ cetakan Dar al-’Ashimah halaman 182, Ibnu Taimiyyah berkata :“ Sesungguhnya Allah itu di atas langit dengan Dzatnya “.
  • 4 ulama mereka wahabisalafy yaitu Di dalam kitab “ Qurrah Uyun al-Muwahhidin “ karya Abdurrahman bin Hasan bin Muhammad bin Abdul Wahhab (cicit Muhammad bin Abdul wahhab), cetakan Maktabah al-Muayyad tahun 1990 cetakan pertama, halaman 263 disebutkan :“ Sepakat kaum muslimin dari Ahlus sunnah bahwa sesungguhnya Allah beristiwa di Arsy dengan dzat-Nya…Allah beristiwa di atas Arsy secara hakekat bukan majaz “..Dan masih segudang lagi akidah-akidah wahabisalafy yang meyakini tuhannya dengan sipat-sipat makhluknya sebagaimana akidah musyabbibah.Dan jika saya beberkan semuanya maka akan menjadi lembaran yang sangat banyak.Cukup yang singkat sedikit ini membuktikan bahwa akidah/mereka berfatwa yang sesungguhnya akidah musyabbibah.kaum ini hanya 1 aliran saja.
Jadi jumlahnya adalah : 
1.Kaum syiah ...............................22 aliran.
2.kaum khawarij............................20 aliran.
3.Kaum mu"tazilah........................ 20 aliran
4.kaum murji"ah............................05 aliran
5.Kaum najariyah...........................03 aliran.
6.Kaum jabariyah...........................01 aliran.
7.Kaum musyabibah (wahabisalafy)...01 aliran

                  jumlah                         72 aliran.
Kalau ditambah dengan 1 aliran lagi dengan paham ahlusunnah wal jamaah (yang berakidah ALLAH ADA TANPA TEMPAT DAN ARAH) maka cukuplah menjadi 73 firqah sebagaimana  yang sudah diterangkan  oleh nabi  kita muhammad saw  di dalam hadist yang sudah disebutkan di atas.
Adapun kaum qadariyah termasuk golongan kaum mu"tazilah kaum bahaiyah dan ahmadiyah qadyan masuk golongan kaum syiah.
Demikian uraian kami semoga bermanfaat buat kaum muslimin indonesia dan dunia.hamb allah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar